October 11, 2011

BEASISWA UNGGULAN DIKTI 2011

Hi semua...


Beberapa hari ini Q banyak ditanya tentang prosedur pengurusan beasiswa unggulan DIKTI 2011 yang Q pakai untuk lanjut S2 di Universitas Sebelas Maret Surakarta sekarang... Sebenarnya semuanya lengkap di Buku Panduan Beasiswa Unggulan DIKTI 2011 (search aja di kotak pencarian di samping)>>>>>

Beasiswa unggulan DIKTI (sering disingkat jadi BU DIKTI) ini merupakan program beasiswa baru yang dikeluarkan oleh DIKTI untuk calon dosen dan tenaga kependidikan agar bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau S3. Sebelum2nya DIKTI lebih terkenal dengan beasiswa bagi yang sudah jadi dosen seperti BPPS. Mungkin karena itulah, masih banyak orang yang belum tahu tentang beasiswa ini. BU sebenarnya adalah salah satu beasiswa paling tidak ribet pengurusannya jika dibandingkan beasiswa-beasiswa lainnya. Why? Soalnya tesnya cuma administrasi saja...hihihi... Tapi bukan berarti tidak ada pesaingnya lo... Menurut data dari laman dikti.go.id, ada kurang lebih 4000 pendaftar online untuk beasiswa ini pada tahap I (waktu itu sampai 31 mei). Nnah terus pendaftaran diperpanjang lagi sampai 10 Juni, bertambah dah pendaftarnya.

Beasiswa ini disosialisasikan di awal april 2011 (buat yang nunggu beasiswa ini tahun depan, siap-siap sebelum april yaaaa). Beasiswa yang ditawarkan ada yang dalam negeri (kayak beasiswaku ini), dan ada juga luar negeri (tapi ngeri kalo beasiswanya telat keluar kan? hoho). Prosedur idealnya sendiri adalah: 1) daftar ke perguruan tinggi tujuan tempat kita ingin melanjutkan studi. Idealnya, kita harus sudah punya surat penerimaan dari universitas tujuan kita. Daftar universitasnya tercantum di buku panduan BU. Kenapa Q pakai kata "idealnya"? Yaa..karena diriku waktu itu masih menunggu hasil tes, jadi pihak DIKTI bilang, surat penerimaannya boleh nyusul. ^_^Alhamdulillah...; 2) cari surat kontrak di Universitas pengirim (optional). Nnah, ini dia yang sempat menghambat langkahku. Ada dua opsi yang ditawarkan oleh DIKTI tentang status calon penerima beasiswa. Pertama, sebagai calon dosen. Syaratnya adalah kita mendapatkan surat kontrak alias surat penjanjian kerja dari salah satu universitas yang ada di bawah naungan DIKTI (termasuk universitas swasta). Ini tidak mesti dari universitas tempat kita memperoleh ijazah S1 kita, dari universitas lain juga boleh. Isi surat perjanjiannya sudah disiapkan DIKTI di buku panduan. Kedua, sebagai pendaftar independen. Artinya, kita tidak membawa nama universitas manapun dan karenanya setelah lulus nanti kita harus bersedia ditempatkan di universitas mana saja di Indonesia yang dipilihkan oleh DIKTI. Format surat pernyataannya juga sudah ada. Setelah lulus kuliah, nantinya kita akan mengabdi selama 1x masa studi normal + 1 tahun di universitas itu, begitupun opsi pertama. Untuk S2, yaaa sekitar 3 tahun. 3) daftar online di laman http://beasiswa.dikti.id/bu. Nah di situ, kita akan ngisi formulir plus upload berkas-berkas administrasi yang diminta seperti surat kontrak (surat pernyataan bersedia ditempatkan di mana saja bagi pendaftar independen), surat tugas (dari universitas pengirim), fotocopy TOEFL (bagi pendaftar BU LN), surat penerimaan, ijazah S1+ transkrip dan foto terbaru. 4) mengirim hardcopy berkas ke pihak DIKTI (alamatnya Q simpan di bawah aja ya...). 5) menunggu pengumuman dari DIKTI.         

Pengalaman sih, nunggunya sampai sekitar 2 bulan. Waktu itu pengumuman tahap I keluar akhir juli 2011. Lampiran 1 yang lolos berkas cuma 400-an orang. Namaku masuk di lampiran 2, 800 orang berkas tidak lengkap dan diminta untuk segera melengkapi. Arrrghh...padahal sudah dikirim semua. Berkasku yang tidak lengkap adalah surat penerimaan dari universitas. Memang sih Q ngirimnya terpisah dengan berkas yang lain. Mungkin aja tercecer, soalnya di lampiran 3 ada kurang lebih 2000 orang yang berkasnya tidak ditemukan dan otomatis gugur. Lampiran 4 beberapa orang masih dipertimbangkan. 

Akhirnya Q kirim lagi deh berkasku buat melengkapi, lalu menunggu lagi. Nah, 7 agustus dini hari, cell phone ku bunyi, ada sms dari teman yang juga daftar "selamat, anda lolos beasiswa unggulan!" UUuuuhh...langsung sujud syukur deh diriku, alhamdulillah, akhirnya jadi kuliah S2 pake beasiswa. Kebayang kan senangnya....hehehe....

Sekarang Q masih menunggu dananya cair, katanya sih november... Moga2 aja lancar...amin...
Bagi yang mau coba tahun depan, sabar ya, and don't miss this great change!!!
GOOD LUCK!!!

OIA, hampir lupa, ni alamatnya DIKTI yang Q janjikan di atas:

Direktorat Pendidik dan Tenaga kependidikan
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Gedung D, Lantai 5
Jl. Jenderal Sudirman, Pintu 1 Senayan   
Jakarta, 10002.


5 comments:

  1. Juuu.....kalo beasiswanya cair, jajanin guaa....

    ReplyDelete
  2. lama juga yah BS nya cair... tp tetap sabar...hehe

    ReplyDelete
  3. @Milahgokil: hahaha....siiip...
    @d2Q: baaa....sabar, sabar, sabar...

    ReplyDelete
  4. I haveread the story,wkwkwk.thanks yah,

    ReplyDelete
  5. @ Whywied: Occe, thanks...just call me when u need more info...

    ReplyDelete